Contoh Soal AKM Level 3 (Kelas 5 dan Kelas 6)
Contoh Soal Asessmen Kompetensi Minimum (AKM ) Jenjang SD Level 3 - Asesmen Nasional tidak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar murid secara individual. Namun Asesmen Nasional menggantikan peran UN sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan. Sebagai alat untuk mengevaluasi mutu sistem, Asesmen Nasional akan menghasilkan potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di sekolah. Laporan hasil Asesmen Nasional akan dirancang untuk menjadi “cermin” atau umpan balik yang berguna bagi sekolah dan Dinas Pendidikan dalam proses evaluasi diri dan perencanaan program.
Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.
Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seha rusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.
Asesmen Nasional mengukur dua macam literasi, yaitu Literasi Membaca dan Literasi Matematika (atau Numerasi). Keduanya dipilih karena merupakan kemampuan atau kompetensi yang mendasar dan diperlukan oleh semua murid, terlepas dari profesi dan cita-citanya di masa depan. Literasi dan numerasi juga merupakan kompetensi yang perlu dikembangkan secara lintas mata pelajaran. Kemampuan membaca yang diukur melalui AKM Literasi sebaiknya dikembangkan tidak hanya melalui pelajaran Bahasa Indonesia, tapi juga pelajaran agama, IPA, IPS, dan pelajaran lainnya. Kemampuan berpikir logis-sistematis yang diukur melalui AKM Numerasi juga sebaiknya dikembangkan melalui berbagai pelajaran. Dengan mengukur literasi dan numerasi, Asesmen Nasional mendorong guru semua mata pelajaran untuk berfokus pada pengembangan kompetensi membaca dan berpikir logis-sistemati
Asesmen Nasional bertujuan tidak hanya memotret hasil belajar kognitif murid namun juga memotret hasil belajar sosial emosional. Asesmen nasional diharapkan dapat memotret sikap, nilai, keyakinan, serta perilaku yang dapat memprediksi tindakan dan kinerja murid di berbagai konteks yang relevan. Hal ini penting untuk menyampaikan pesan bahwa proses belajar-mengajar harus mengembangkan potensi murid secara utuh baik kognitif maupun non kognitif.
RUANG LINGKUP ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM
A. LITERASI
1. Menemukan informasi
- Mengakses dan mencari informasi dalam teks.
- Mencari dan memilih informasi yang relevan.
2. Memahami/ Interpretasi
- Memahami teks secara literal.
- Menyusun inferensi (simpulan), membuat koneksi (hubungan) dan prediksi (perkiraan) baik teks tunggal maupun jamak.
3. Mengevaluasi dan Merefleksi
- Menilai kualitas dan kredibilitas konten pada teks informasi tunggal dan jamak.
- Menilai format penyajian dalam teks.
- Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi.
B. NUMERASI
1. Mengetahui
- Mengingat definisi, sifat bilangan, unit pengukuran, sifat bentuk geometris, notasi bilangan.
- Mengidentifikasi bilangan, ekspresi, kuantitas, dan bentuk.
- Mengidentifikasi identitas yang secara matematis setara (seperti: desimal, persentase, pecahan).
- Mengklasifikasikan bilangan, ekspresi, jumlah, dan bentuk-bentuk yang memiliki sifat yang serupa.
- Melakukan prosedur algoritma: penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta kombinasinya, melakukan prosedur aljabar yang efektif.
- Mengambil/memperoleh informasi dari began, tabel, teks, atau sumber-sumber yang lain.
- Menggunakan instrumen pengukuran dan memilih unit yang tepat.
Kata Kunci : Mengingat, Mengidentifikasi, Mengklasifikasikan, Menghitung, Memperoleh dan Mengukur
2. Menerapkan
- Menentukan operasi, strategi, dan aturan yang sesuai dan efisien untuk memecahkan masalah dunia nyata yang dapat diselesaikan dengan menggunakan berbagai metode.
- Menyajikan data dalam tabel atau grafik, merumuskan persamaan, pertidaksamaan, gambar geometris, atau diagram yang memodelkan suatu masalah, membangun sebuah representasi dari hubungan matematika yang diberikan.
- Menerapkan/melaksanakan strategi dan operasi untuk memecahkan masalah dunia nyata yang berkaitan dengan konsep dan prosedur matematika yang dikenal.
- Memberikan interpretasi atau tafsiran terhadap penyelesaian masalah yang diperoleh.
Kata Kunci : Memilih, Menyatakan, Menerapkan dan Menafsirkan
3. Menalar
- Menentukan, menggambar, atau menggunakan hubungan dalam bilangan, ekspresi, jumlah, dan bentuk.
- Menghubungkan elemen, pengetahuan yang berbeda, menghubungkan representasi untuk memecahkan masalah.
- Menilai strategi pemecahan masalah dan solusi alternatif.
- Membuat kesimpulan yang valid berdasarkan informasi dan fakta-fakta.
- Memberikan argumen matematis untuk mendukung klaim.
Kata Kunci : Menganalisis, Memadukan, Mengevaluasi , Menyimpulkan dan Menjustifikasi
A. CONTOH SOAL NUMERASI LEVEL 3
A. Bilangan
1. Representasi
- Memahami bilangan bulat, khususnya bilangan bulat negatif. (4 Soal)
- Menyatakan bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma dan persentase dalam bentuk pecahan, atau sebaliknya. (4 Soal)
- Mengetahui posisi bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma pada garis bilangan serta posisi bilangan bulat termasuk billangan bulat negatif (4 Soal)
2. Sifat Urutan
3. Operasi
B. Geometri dan Pengukuran
1. Bangun Geometri
2. Pengukuran
C. Aljabar
1. Persamaan dan Pertaksamaan
2. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)
3. Rasio dan Proporsi
D. Data dan Ketidakpastian
1. Data dan Representasinya
B. CONTOH SOAL LITERASI TEK FIKSI LEVEL 3
A. Menemukan Informasi
1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks
B. Memahami
1. Memahami teks secara literal
2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak
- Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)
- Menyusun inferensi (kesimpulan) berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) di dalam teks sastra atau teks informasi sesuai jenjangnya. (2 Soal)
- Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)
C. Mengevaluasi dan merefleksi
1. Menilai format penyajian dalam teks
2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi
C. CONTOH SOAL LITERASI TEKS INFORMASI LEVEL 3
Unduh PDF Seputar AKM
- Tanya Jawab Seputar AKM.pdf 📗(Unduh Disini )
- AKM dan Implikasinya Pada Pembelajaran.pdf 📗(Unduh Disini )
- Contoh Soal Numerasi Level 3.pdf 📗(Unduh Disini )
- Contoh Soal Literasi Teks Fiksi Level 3.pdf 📗(Unduh Disini )
- Contoh Soal Literasi Teks Informasi Level 3.pdf 📗(Unduh Disini )